SUARA INDONESIA SUMENEP

Madura Culture Festival 2023, Potensi Sumenep Sukses Pukau Wisatawan Mancanegara

Wildan Mukhlishah Sy - 25 August 2023 | 14:08 - Dibaca 2.25k kali
Features Madura Culture Festival 2023, Potensi Sumenep Sukses Pukau Wisatawan Mancanegara
Sejumlah wisatawan mancanegara berkunjung ke Kabupaten Sumenep. (Foto: Rifki untuk suaraindonesia.co.id)

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Kultur Kabupaten Sumenep sukses memukau sejumlah wisatawan mancanegara yang singgah untuk berlibur di daerah ujung timur Pulau Madura tersebut, Jumat (25/08/2023). 

Sebanyak 125 wisatawan luar negeri tersebut, berkeliling melihat beragam suguhan khas Kota Keris yang disajikan di Pendapa Agung Keraton Sumenep. 

Ragam khas Sumenep yang digandrungi oleh wisatawan mancanegara, antara lain adalah kuliner, kesenian, keris, batik tulis dan beberapa lainnya. 

Diketahui ratusan turis itu merupakan wisatawan mancanegara dari USA, Australia, Singapura, Jerman dan sejumlah negara di Benua Eropa. 

Seorang wisatawan, Stephanie mengatakan, dirinya sangat takjub dengan segala hal yang disuguhkan oleh Kabupaten Sumenep. Terlebih, kuliner dan kesenian yang menurutnya memiliki keunikan tersendiri. 

"Yeah, this as very good. Sumenep is very good, i like this, (ya, ini sangat bagus. Sumenep sangatlah bagus, saya suka ini_Red)," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Mohammad Iksan menjelaskan, pihaknya memang menyampaikan kepada para wisatawan mancanegara, bahwa Sumenep sangat terbuka terkait kunjungan pariwisata dari wilayah manapun. 

"Kita sampaikan kepada mereka bahwa kita memang terbuka, Sumenep juga memiliki banyak sekali potensi dari budaya, kesenian hingga kuliner," jelasnya, saat dikonfirmasi oleh sejumlah media. 

Kunjungan para wisatawan tersebut, rupanya bukan hanya sekedar untuk berwisata, namun juga menyaksikan Madura Culture Festival 2023 yang digelar sejak Kamis (24/08/2023) kemarin. 

Iksan menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep telah berkomitmen untuk memberikan penampilan dan pelayanan terbaik bagi wisatawan. 

Karena dia menilai, jika wisatawan merasa puas atas apa yang disuguhkan di kotanya, maka secara otomatis hal itu akan disampaikan kepada khalayak yang lebih luas lagi, atau secara tidak langsung dapat membantu mempromosikan Sumenep. 

Dengan begitu, dirinya berharap akan menambah daya kunjung wisatawan dari seluruh penjuru dunia. 

"Tentu kami berharap bahwa, dengan begini semakin banyak wisatawan/turis yang akan datang ke Kabupaten Sumenep," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya