SUARA INDONESIA SUMENEP

Bangga! Budayawan Asal Sumenep Raih Anugerah Pokjawas Madrasah Nasional Awards 2023

Wildan Mukhlishah Sy - 22 September 2023 | 12:09 - Dibaca 1.11k kali
Pendidikan Bangga! Budayawan Asal Sumenep Raih Anugerah Pokjawas Madrasah Nasional Awards 2023
Budayawan asal Sumenep Ibnu Hajar yang berhasil meraih Anugerah Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah Nasional. (Foto: Istimewa)

SUMENEP, suaraindonesia.co.id- Prestasi membanggakan kembali dibawa pulang oleh putra daerah, yang sekaligus merupakan seorang budayawan asal Sumenep Ibnu Hajar. Dirinya berhasil meraih Anugerah Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah Nasional Awards Tahun 2023.

Anugerah itu diberikan dalam acara Silaturrohim Nasional (Silatnas) II dan Simposium Internasional, yang digelar di Asrama Haji Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Diketahui, anugerah itu diberikan oleh Ketua Pokjawas Nasional Zurni, dalam rangka meningkatkan kompetensi, mengoptimalkan tugas dan kinerja serta peran pengawas Madrasah pada Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Dalam kesempatan itu, piagam penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Kemenag RI, Muhammad Zain.

Hal itu, berdasarkan keputusan Kelompok Kerja Pengawas Madrasah Nasional Nomor 02 Tahun 2023 tentang penetapan nama-nama penerima Pokjawas Madrasah Nasional Awards 2023.

Dari 66 orang yang menerima Anugerah Awards itu, Ibnu Hajar, salah satu pengawas asal Kabupaten Sumenep, yang teripilih dari masing-masing provinsi se Indonesia.

Ibnu Hajar, merupakan salah satu sosok dari 3 orang yang mewakili Jawa Timur, dari Kota Surabaya, Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Sumenep.

Ibnu Hajar sendiri mendapatkan anugerah dalam kategori pengawas madrasah inspiratif dan inovatif bagi guru dan tenaga kependidikan madrasah.

Dia adalah sosok pengawas Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Sumenep, serta seorang budayawan dan sastrawan yang telah melahirkan beberapa buku-buku sastra dan lainnya.

Sehingga karya-karya Ibnu Hajar, dianggap sangat menginspirasi bagi kalangan guru dan masyarakat tentunya hal ini menjadi landasan utama masuk Pokjawas Madrasah Awards 2023.

Saat dikonfirmasi, Ibnu Hajar mengungkapkan, bahwa keberhasilan itu persembahan untuk Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sumenep juga untuk Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

"Yang jelas saya berterima kasih sekali ini semua bisa saya dapatkan karena motivasi doa dan semuanya dari teman-teman teman-teman kantor teman-teman di luar kantor dan semuanya," ucapnya, pada Kamis, 21 September 2023.

"Ini merupakan kebanggaan dan ini juga sekaligus menjadi tantangan bagi saya untuk semakin berprestasi dan berinovasi sehingga prestasi dan Inovasi saya ini menginspirasi semua pihak," ujarnya.

Lebih jauh penulis kumpulan puisi perempuan kecil pembawa besi ini mengatakan, bahwa ink tidak lepas dari dukungan dan doa keluarga.

"Ini sebuah amanah dan tanggung jawab yang harus dipikul, tentunya ini harus saya lakukan dengan ketulusan dan keikhlasan, ini belum apa-apa, jadi ini merupakan tantangan bagi saya," bebernya.

Sementara itu, Ketua Pokjawas Provinsi Jawa Timur Ruslan Thohirin menuturkan, bahwa Ibnu hajar adalah sosok yang memang diusulkan untuk menerima penghargaan.

"Alhamdulillah, dia lolos mendapatkan penghargaan itu, jadi dari beberapa karya-karyanya, saya tahu betul, karena sering mengisi acara-acara besar," tuturnya.

Ia pun mengaku, bahwa dia juga menjadi pengurus Pokjawas Madrasah Provinsi Jawa Timur, yang sangat aktif dan menginspirasi bagi teman-temannya.

"Tentunya sejarah sastra budaya sejarah pendidikan seminar-seminar dan tentunya dan ini menjadi kebanggaan kami Pengurus Pokjawas Provinsi Jawa Timur," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Wildan Muklishah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya