SUARA INDONESIA SUMENEP

Bukan Perkemahan Biasa, Pergama II di Sumenep Wadah Tanamkan Nilai Penting Bernegara dan Beragama 

Wildan Mukhlishah Sy - 10 November 2023 | 20:11 - Dibaca 1.20k kali
Pendidikan Bukan Perkemahan Biasa, Pergama II di Sumenep Wadah Tanamkan Nilai Penting Bernegara dan Beragama 
Peserta Pergama II Sako Ma'arif NU Sumenep. (Foto: Wildan/Suara Indonesia)

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Bukan sekadar kegiatan di alam, Perkemahan Regu Penggalang Ma'arif (Pergama) II yang digelar Nahdlatul Ulama Sumenep, juga menanamkan nilai-nilai penting dalam bernegara dan beragama.

"Salah satu metode yang digandrungi anak didik dalam belajar adalah di alam terbuka. Pergama II sebagai media pembelajaran efektif di alam terbuka untuk menanamkan nilai-nilai ke-NKRI-an, paham Aswaja an-Nahdliyah, firqah serta amaliyah an-Nahdliyah," ujar Rofik, Ketua Sako Ma'arif NU Sumenep, Jumat (10/11/2023) malam.

Pragama II yang digelar di Bumi Perkemahan PP Nurut Tawwabin Prongpong, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur ini, kata Sako, akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 10 - 13 November 2023.

Tercatat ada 32 regu yang akan mengikuti perkemahan tersebut, 17 dari regu putri dan 16 regu putra.

Semua regu itu, lanjutnya, akan berpartisipasi dalam beberapa kegiatan. Di antaranya giat pelatihan dan giat lomba.

"Sebagai fondasi awal yang kuat kepada adik-adik sehingga output-nya diharapkan lebih dahsyat ber-NKRI dan senang kepada NU," jelasnya.

Dirinya menyarankan, agar para peserta memanfaatkan perkemahan ini sebagai wadah untuk memahami, serta mengamalkan langsung nilai-nilai yang tertanam dalam Pramuka.

"Kepada semua peserta selamat berkegiatan. Teguk paseken tor amal agin Dasa Dharma ban Trisatya, pabagus akhlakah. Insyaallah deddih oreng moljah (Pegang teguh dan amalkan Dasa Dharma serta Tri Satya. Perbaiki akhlak. Insyaallah jadi orang mulya)," pesannya.

Suko menambahkan terkait keamanan dan kesehatan, pihaknya telah berkolaborasi dengan beberapa pihak untuk menjadi tim medis maupun tim keamanan.

"Tim medis baik dari puskesmas setempat maupun PC LKNU Sumenep, siap berkolaborasi dengan kami. Tim keamanan dari Pondok Pesantren Nurut Tawwabin dan Banser NU Sumenep," tambahnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya