SUARA INDONESIA SUMENEP

Tari Gambuh Akan Ramaikan Kalender Event Sumenep Tahun Ini

Wildan Mukhlishah Sy - 27 May 2023 | 10:05 - Dibaca 1.50k kali
Budaya Tari Gambuh Akan Ramaikan Kalender Event Sumenep Tahun Ini
Kesenian khas daerah madura Tari Gambuh. Foto: Istimewa

SUMENEP- Kesenian khas daerah madura Tari Gambuh, direncanakan turut meramaikan agenda Kalender Event Sumenep untuk tahun 2023 yang akan digelar di depan Kantor PT Garam (Persero) Kalianget mendatang. 

Penampilan tari tradisional itu, menjadi bagian dari sejumlah kegiatan Kalender Event, sekaligus dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sumenep ke-754. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi, saat dikonfirmasi oleh sejumlah media, usai melepas rombongan kuda dalam event Jeren Serek, Sabtu (27/5/2023). 

“Kami inginkan, tari Gampu tampil di pagelaran kalender event Sumenep yang akan dilaksanakan di depan kantor PT Garam nanti,” ucap Fauzi.

Perlu diketahui, Tari Gambuh sendiri merupakan budaya lokal yang tumbuh dan berkembang pada masa kekuasaan Arya Wiraraja di keraton Batuputih. Namun, kala itu, tarian tersebut umumnya lebih dikenal dengan tari keris.  

Tarian tersebut pernah ditampilkan Keraton Daha pada acara pasasraman yang digelar setiap tahun ketika masuk akhir wuku Galungan. 

Bupati Fauzi menyebut, tarian tersebut sudah lama dan bahkan jarang ditampilkan di setiap pagelaran, khususnya di Sumenep.

Sebab itulah, Politisi PDI Perjuangan ini menginginkn tari Gambuh tampil pada pagelaran Kalender event Sumenep tahun ini.

"Baru kali ini tari Gambuh kita lihat di festival jaran serek,” ungkapnya.

Sementara Kepala Disbudporapar Sumenep Mohammad Iksan mengaku siap menjalankan intruksi itu agar tari Gampu ditampilkan pada kalender event Sumenep yang akan diselenggarakan di depan Kantor PT Garam (Persero).

“Kami akan menjalankan intruksi itu sesuai arahan bapak Bupati Sumenep,” ujarnya.

Pihaknya mengaku akan mempersiapkan segala sesuatunya yang nantinya akan lebih matang dan siap ditampilkan pada prosesi hari jadi Sumenep tahun ini.

Dan pihaknya pun mengatakan siap menghipnotis para pengunjung kalender event Sumenep dari berbagai pagelaran. Termasuk yang di depan Kantor PT Garam (Persero) Kalianget. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya