SUARA INDONESIA SUMENEP

Tak Hanya Lestarikan Budaya, Festival Jaran Serek Ikut Picu Peningkatan Ekonomi Sumenep

Wildan Mukhlishah Sy - 27 May 2023 | 16:05 - Dibaca 1.54k kali
Budaya Tak Hanya Lestarikan Budaya, Festival Jaran Serek Ikut Picu Peningkatan Ekonomi Sumenep
Bupati Sumenep Achmad Fauzi, saat menunggangi salah satu kuda dalam Festival Jaran Serek. Foto: Istimewa

SUMENEP- Festival Jaran Serek (Kuda Menari) menjadi salah satu rentetan kalender event Hari Jadi Sumenep ke 754, yang bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan budaya Sumenep kepada masyarakat, khususnya generasi muda. 

Namun, rupanya gelaran itu juga menjadi satu dari sekian banyak strategi Bupati Sumenep Achmad Fauzi dalam memicu peningkatan taraf ekonomi masyarakat Sumenep, yang sebelumnya telah mati suri akibat pandemi Covid-19. 

“Kegiatan ini diadakan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat, sehingga pemerintah daerah menempatkan festival jaran serek di Lapangan Giling Desa Pangarangan Kecamatan Kota Sumenep, dalam rangka membangkitkan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL),” kata Bupati.

Rute pemberangkatan awalnya, kata Achmad Fauzi dari kantor KPUD Sumenep tetapi dengan pertimbangan untuk meningkatkan perekonomian bagi PKL di Bangkal akhirnya di pindah.

"Kami mengubah rute festival ini, tujuannya ingin mendorong ekonomi PKL di Pasar Bangkal, supaya kegiatan kalender 2023 ini memberikan dampak kepada mereka. Jadi setiap pelaksanaan kegiatan kalender itu, harus melibatkan PKL dan UKM di lokasi penyelenggaraannya,” ujarnya.

Bupati mengharapkan, seluruh masyarakat berpartisipasi untuk memeriahkan berbagai kegiatan kalender 2023, karena melalui kegiatannya menjadi momen sekaligus potensi yang mampu memulihkan perekonomian daerah.

“Yang jelas, kami membutuhkan dukungan masyarakat untuk bersama-sama menyamakan persepsi dan sinergi, bahwa kegiatan seperti seni budaya memiliki hubungan yang saling mendukung memulihkan ekonomi,” terangnya.

Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama Paguyuban Jaran Serek Pandhige mengadakan Festival Jaran Serek (kuda menari), sebagai rangkaian kegiatan kalender 2023 bertajuk Masa Kejayaan Kabupaten Sumenep.

Ratusan jaran serek diiringi musik tradisional saronen dengan atraksinya menari-nari sepanjang rute mulai Lapangan Giling menuju Labang Mesem.

Bahkan, Bupati Achmad Fauzi, Sekretaris Daerah Edi Rasiyadi dan unsur Forkompinda ikut menunggangi jaran serek bersama para peserta lainnya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada paguyuban dan pecinta jaran serek yang telah berpartisipasi memeriahkan festival, semoga kegiatan kalender 2024 yang diadakan Pemerintah Kabupaten Sumenep bersama Komunitas semakin semarak,” pungkas.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya